Posted by : Unknown September 18, 2015




Masjid Agung Banten Lama dan Menara
Banten di masa lalu merupakan sebuah kesultanan yang cukup di perhitungkan di Nusantara. Di bawah pemerintahan Sultan Ageng Tirtayasa(1631-1692), banten mengalami puncak kejayaan. Selain menjadi salah satu pusat penyebaran agama Islam di luar Samudera Pasai di Aceh, Banten di masa lalu termashur sebagai pusat perdagangan internasional dengan pelabuhan karang Antunya. 
Selain melalui literatur, bukti-bukti kejayaan Kesultanan Banten hingga kini yang masih bisa kita saksikan diantaranya adalah: pelabuhan karang antu, Masjid Agung Banten, Situs bangunan keraton Surosowan, juga benda-benda peninggalan yang tersimpan di Museum Kepurbakalaan. Untuk menyaksikan itu semua yang perlu kita lakukan adalah berkunjung ke kawasan Banten Lama, Kota Serang provinsi Banten.



Masjid Agung Banten dan Kompleks Makam Sultan Banten
Masjid Agung Banten merupakan salah satu dari sekian banyak masjid tertua di Indonesia. Keberadaan Masjid Agung Banten yang memiliki nilai sejarah ini banyak mengundang para peziarah yang Setiap harinya ramai mengunjungi Masjid Agung Banten. Para peziarah yang datang ke Masjid Agung Banten bukan hanya berasal dari banten dan Jawa Barat saja, melainkan juga dari berbagai daerah di Indonesia khususnya pulau jawa. Lokasi ini berjarak sekitar 300 meter dari tempat parkir atau angkutan umum berhenti. Sebelum masuk ke lokasi Ziarah dari luar kita akan melihat Masjid Agung Banten dan menara Banten Lama. Setelah memasuki pintu gerbang yang bertuliskan pintu masuk ziarah pertama selanjutnya kita akan berada di kompleks masjid Agung dan kompleks Makam Sultan-sultan Banten dan keluarganya.



Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama. Memiliki luas bangunan 778m2 dengan luas tanah 10.000 m2. Tidak perlu merogoh kocek dalam untuk bisa masuk ke museum ini karena harga tiket hanya Rp 1.000/orang.
Sebelum masuk ke dalam museum kita bisa melihat-lihat koleksi benda-benda sejarah yang berada di luar museum. Bendar-benda tersebut adalah Meriam Ki Amuk, alat penggilingan tebu di masa lalu, dan relief hiasan bekas reruntuhan gerbang keraton Surosowan. 



Meriam Ki Amuk
Selanjutnya di dalam museum ini kita dapat melihat koleksi museum antara lain: berbagai macam senjata, aneka perabotan rumah tangga, perhiasan, alat pertanian, berbagai jenis uang yang pernah digunakan ketika zaman kesultanan banten sampai dengan zaman pra kemerdekaan. Di museum ini juga kita dapat melihat maket pusat wisata budaya Taman Purbakala Banten Lama. 









Puas melihat-lihat koleksi Museum, yang tak boleh dilewatkan adalah mengunjungi bekas reuntuhan Keraton Surosowan. Dari beberapa sumber diperoleh informasi bahwa keraton seluas 3,5 hektar ini dibangun pada tahun 1552, dan dahulu merupakan tempat tinggal para sultan Banten. Pada tahun 1680 Keraton ini dihancurkan oleh belanda saat kesultanan Banten di bawah pemerintahan Sultan Ageng Tirtayasa berperang melawan penjajah Belanda. Meskipun keraton ini sempat diperbaiki, namun akhirnya dihancurkan kembali pada tahun 1813 ketika Sultan Rafiudin, yang merupakan Sultan terakhir Kesultanan Banten tetap menolak untuk tunduk pada kekuasaan belanda. Saya membayangkan bahwa dulunya pasti keraton ini sangat megah. Kini, berada di lokasi ini kita masih bisa menyaksikan diantaranya bekas gerbang keraton, bekas pemandian keluarga keraton, bekas ruang-ruang lain di dalam keraton. 









  Sayangnya situs yang menyimpan sejarah ini tidak terawat. Sebagai contoh Air kolam bekas pemandian hijau berlumut, disertai sampah dan seperti botol plastik di dalamnya

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Wisata Cilegon Banten - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -